Senin, 20 Juli 2009

Ibu-ibu di Alun-Alun kota Yogyakarta

Ini cerita saat aku ada JOgja....beberapa bulan yang lalu, tapi masih terngiang2 di benakku....


Orang bilang,dunia itU selebAr daun kelor.Tapi bAgIKU yg g pernah liat daun kelor,dunia itU selebAr daun kecipir.

Beberapa hari yg lalu,ak membeli es krim di gale dan menikmatinya di alKid.Bukan bukan,ak bukan nyritain es krim ku,tp aku akan nyritain seseorang yg kuTemui di alKid.

Orang itU adalah seorang ibu,membAwa bekas wada pop mie dgn berjilbAb seadanya.SPti biasa,ibu itU menyodorkan wadah pop mie k aku dan sPoNtan,aku pun mengambil koin 500 dr doMpetku.

Sambil menungGu ak nyari koin,ibu itU bercerita tTg hIdupnya.TTg hIdup sendirinya d jogja,tak ada suami,tak ada anak,tak ada cucu,tak ada sodara.BAhkan,rumah pun ia tak punya.Tiap malam ia tidur di bAwah tiang lampu di salah satU pojok alKid.Bila ujan datang,ia harus berebuT t4 dgn pengemis lainNya untUk tidur di teras toko.Belum penyakit dalamnya,gInjal,yg sering kambuh saAt udara dingIn datang.
Sumpah!Aku jadi g niat makan eskrimku.

Aku terSenyum dan memberikan koin 500 ke ibu itU.Tapi ceritanya belum berakhr.Ibu itU bercerita tentang keluarganya:tTg keseDiHAN yg tUmbuh karena ia tak bs lg meliHat anak dan cucunya.Biaya adalah alasanya.Suami telah meningGalKanya.Aku terenyuh.Entahlah,ak mudah terharu.

Anak2nya tak djgj,tp dsuatU t4 djawa timur.Dsebuah kota kecil yg damai,yg tak bAnyak polusi,kehIjauan adalah warna muTlak:tUlungagung.

Ha?ItU kan kotaku?Aku terkejuT dan menceritakan t4 asalku.KuliHat mata ibu itU berSeri dalam keremangan cAhaya bulan.Senang menemukan teman sekota.

Ibu itU terSenyum senang dan memelukKu.Entah,mgkn itUlah yg akan dlakukanya ketika ia bertemu dgn anak cucunya.

ItUlah mengapa aku bilang dunia selebAr daun kecipir:kecil dan kebetUlan selalu membuTuTI.

TUhan telah menakdirkanku bertemu dgn teman seperjuangan.CAra yg unik.Yah,itUlah TUhan.Selalu ada kejuTan dlm takdirnya.

Dan kita hanya bisa menungGu kejuTan2-Nya dlm dunia kecipir ini....

Nb:gmN keadaAn ibu itU ya? Sekarang aku uda di TA...dan ibu itu masih di Jogja ato malah sudah di TA juga? atau jangan-jangan........................*g berani mikir macem2*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar